Artikel

Dilepas Anies dan Ketum KONI, DKI Pecahkan Rekor Penyumbang Atlet Terbanyak

By

on

Jakarta, MERDEKANEWS – Dua jempol wajib dilayangkan untuk DKI Jakarta. Sebab, Jakarta memecahkan rekor dalam penyumbang atlet terbanyak di Asian Games 2018 ketimbang daerah.

Tercatat ada 177 atlet dan 95 pelatih serta asisten pelatih yang ikut berlaga diperhelatan pesta olahraga yang diikuti oleh sekitar 45 negara di Asia Tenggara itu. Rabu, 15 Agustus 2018, para atlet, pelatih, asisten pelatih, dan wasit asal Provinsi DKI Jakarta berkumpul di Balai Kota DKI.

Mereka secara simbolis dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berlaga di Asian Games 2018. Data dari Kemenpora kalau jumlah atlet yang ikut Asian Games yakni 938.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Laksamana Pertama (Purn) TNI AL Djamhuron P Wibowo, mengatakan pelepasan di Balaikota bisa menjadi dorongan mental kepada para atlet. Djamhuron mengungkapkan di setiap ajang yang diikuti Indonesia di level internasional, DKI Jakarta selalu menyumbangkan atlet terbaiknya.

“Pelepasan atlet dan pelatih di kejuaraan internasional merupakan tradisi yang senantiasa dilakukan oleh Pemprov DKI dalam rangka memberikan dukungan moril dan semangat tanding untuk duta-duta terbaik bangsa,” ungkapnya.

Dalam pelepasan kali ini, tidak semua atlet dari Jakarta bisa mengikutinya, sebab beberapa cabang olahraga sudah dipertandingkan. Djamhuron menuturkan DKI Jakarta menyumbangkan jumlah atlet paling banyak dibanding Provinsi lainnya di Asian Games 2018.

“Jumlah atlet asal DKI yang berlaga di Asian Games 2018 sebanyak 177 orang. Angka ini merupakan jumlah paling banyak di seluruh Provinsi. Jumlah pelatih dan asisten sebanyak 95 orang,” kata Djamhuron.

Dari jumlah atlet tersebut, mereka akan berlaga di 36 cabang olahraga. Turut hadir dalam pelepasan tersebut diantaranya Sekda DKI Jakarta Saefullah dan Kejati DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Anies optimis para atlet DKI yang berlaga akan mendapatkan prestasi terbaik, karena persiapan yang dilakukan selama ini. Anies juga mengingatkan bahwa setiap yang berprestasi dalam Asian Games pasti akan dikenang.

“Insya Allah nama-nama yang ada di ruangan ini akan meraih emas Asian Games, dan itu artinya nama-nama ini akan diukir di catatan sejarah Jakarta, sejarah Indonesia dengan tinta emas,” ujar Anies di Balaikota, Rabu (15/8/2018).

Anies juga mengatakan yang diperlukan untuk meraih kemenangan bukan hanya perkara fisik, tapi juga mental.

“Untuk meraih kemenangan bukan saja butuh kekuatan fisik, tapi juga mental. Kekuatan mental sangat menentukan. Cerita sejarah banyak sekali yang menggambarkan semangat tinggi menggambarkan kekuatan fisik yang luar biasa,” kata Anies.

(Harianto AK)

HAK CIPTA © KONI DKI JAKARTA